Puisi Tentang Lingkungan Hidup

Mendapat tugas untuk membuat puisi tentang lingkungan hidup membuat salah seorang sahabat bang sadur kebingungan untuk menulisnya. Memang tidak semua orang dapat merangkai puisi, apalagi kalau orang tersebut tidak suka sastra dan bahasa, tentu akan susah untuk menyusun sebuah puisi pendek sekalipun. Kalau bang sadur sendiri, walaupun hanya asal tulis, kadang masih suka menyusun sajak dan puisi sendiri, seperti berikut ini satu contoh puisi tentang alam sekitar yang coba dirangkai untuk membantu sahabat tadi.

Sebenarnya menulis puisi itu sangat mudah, karena tidak ada penilaian khusus apakah puisi kita bagus atau tidak. Menulis puisi adalah suatu kebebasan, terlepas akan disukai orang lain atau tidak itu tidaklah penting. Yang terpenting kita sudah menuangkan ide kita kedalam bait puisi, dan kita dapat menikmati sendiri hasil karya tersebut.

Puisi Tentang Lingkungan

gemerisik suara ranting pepohonan
nyanyikan lagu indah tentang alam
teriring semilir angin disore ini
membawaku terbuai alam nan permai

alamku, desaku tercinta
kini hanya dapat kukenang
setelah deru mesin pengolah batu itu
merampas indah pepohonanku
membakar tanah ini, dengan panas polusimu

mungkin mereka berkepentingan
mungkin mereka punya uang
tapi bukan seperti ini caranya
bukan ini jalan untuk alam
kini, kudapati udara kering
bersama dedaunan yang kian menguning
entah kapan lagi dapat kulihat
alamku bernyanyi
—————————————-

Nah, puisi sederhana diatas semoga dapat mewakili apa yang ingin kamu ungkapkan tentang lingkungan yang semakin rusak oleh polusi pabrik-pabrik tidak bertanggung jawab. Juga menjadi pengingat kepada kita bahwa alam akan menjerit manakala kita semena-mena terhadap mereka.

Leave a Reply